Pengen Punya Bisnis Sendiri, Simak Dulu 10 Tips Berikut Sebelum Anda Memulai Sebuah Bisnis


Untuk memulai sebuah bisnis baik yang berskala besar maupun skala kecil tentu perlu sebuah planing atau perencanaan yang matang. Diperlukan sebuah roadmap dalam suatu bisnis agar perjalanan bisnis tidak melenceng dari alur yang dikehendaki.

Namun sebaik apapun planing atau perencanaan sebuah bisnis tentu tidak akan berhasil jika tidak dimulai. Memang untuk memulai sebuah bisnis tidak mudah namun dengan niat dan kemauan serta tekad yang kuat maka sebuah bisnis dapat di jalankan dengan konsisten. Berikut tips dalam memulai sebuah bisnis:

1.       Jangan Takut Gagal

Mental seorang Enterpreuner adalah mental yang tidak gampang menyerah meskipun awalnya tidak mudah. Seseorang enterpreuner yang berhasil dan sukses tentu pernah mengalami kegagalan, namun semakin sering gagal dan terus mencoba maka akan semakin mendekatkan kita pada keberhasilan. Belajar dari kegagalan dengan cara mengevaluasi proses yang dilakukan setelah itu lakukan perbaikan dan ubah strategi yang akan dijalankan.

2.       Mulai dari Yang Sederhana

Mulailah dari hal yang kita bisa, yang paling penting tetapkan waktu kapan segera DIMULAI bisnisnya. Dalam melakukan segala sesuatu tentu mengawalinya yang sulit itu dikarenakan kita selalu berpikir takut namun ingatlah bahwa jutaan langkah dimulai dari satu langkah dan terus melangkah akhirnya tercapailah cita-cita yang akan kita tuju. Proses yang paling penting untuk mencapai kesuksesan adalah kemauan untuk memulai.

3.       Kumpulkan Berbagai Peluang Bisnis

Cari info sebanyak-banyaknya peluang bisnis yang ada disekeliling kita, bergaul dengan banyak orang dan bangun jaringan/networking. Mulailah mengumpulkan semua peluang bisnis yang berpotensi untuk dikembangkan dan dijalankan caranya adalah bergaul dengan orang dari segala kalangan sebanyak-banyaknya.

Bisnis yang sukses tentu melibatkan banyak orang didalamnya, ada yang berperan sebagai penyedia produk dan jasa, ada yang berberan sebagai pengguna barang maupun jasa. Untuk mengumpulkan banyak orang sekaligus tentu diperlukan sebuah jaringan yang luas dan telah terintegrasi.

4.       Buat List Bisnis

Setalah proses pengumpulan peluang bisnis buatlah List Bisnis yang sudah terkumpul tadi. Lakukan analisa serta tentukan peluang mana yang memungkinkan untuk dijalankan dan tentukan peluang bisnis mana yang punya potensi jadi bisnis MILYARAN.

Cari sebanyak-banyaknya informasi yang akurat dari berbagai sumber baik dari media cetak, media elektronik (audio visual) maupun media online untuk memperkaya wawasan serta mengetahui bisnis mada yang berpotensi besar.

5.       Dari List Bisnis tentukan Satu

Ingat FOKUS ke satu bisnis dulu sebelum membangun bisnis lain. Pastikan satu bisnis ini sudah sukses terlebih dahulu sebelum pindah ke bisnis yang lain. Menekuni serta Fokus pada satu bisnis dalam jangka waktu tertentu akan semakin membuat kita mahir dalam menjalankan bisnis tersebut.

Kita jadi tahu banyak kelebihan dari bisnis tersebut dan jika terjadi kegegalan dalam bisnis tersebut dapat dengan mudah diatasi karena telah mengetahui secara mendetil tentang bisnis yang kita jalankan.

6.       Cari Tahu Potensi Pasar

Kunci keberhasilan suatu produk atau jasa adalah pemasaran, karena tanpa pemasaran yang baik produk atau jasa yang dihasilkan tentu akan mengalami kebuntuan dan bisnis akan berhenti. Diperlukan strategi penjualan yang baik untuk menghasilkan omzet yang tinggi agar dapat bisnis semakin maju.

Sederhananya yaitu cari tahu siapa yang nantinya akan membeli produk atau jasa kita. Tentukan segmen pasar, misalnya atas, menengah, bawah, kalangan siswa atau kalangan kantoran, Laki-laki atau Perempuan, dll. Berbeda segmen pasar tetu strategi penjualan akan berbeda.

7.       Jangan Terbentur dengan Modal

Dalam memulai suatu bisnis pasti memerlukan modal, yang paling utama adalah modal kemauan untuk memulai. Modal hendaknya jangan menjadi penghalang untuk memulai usaha karena menggunakan modal kecil juga bisa. Cari partner bisnis bahkan tanpa modal sekalipun alias jadi reseller dulu. Sambil mengumpulkan uang dari hasil reseller sekaligus mengumpulkan modal.

8.       Pisahkan Rekening Pribadi dan Rekening Bisnis

Ketika bisnis sudah jalan dan perlahan-lahan makin banyak duit yang masuk, pastikan kita punya rekening khusus Bisnis, dan jangan pernah gabungkan antara rekening pribadi dan Rekening Bisnis.

9.       Lakukan Promosi

Promosi yang murah dan terjangkau adalah memalui sosial media (Facebook, Twitter, Instagram, dll), direct marketing (BBM, Email, SMS dan Phone), internet marketing. Terapkan juga brosur + Voucher agar konsumen bisa langsung mencoba produk kita.

10.   Kembangkan Bisnisnya

Terus lakukan perbaikan terhapap produk dan layanan. Kembangkan SDM, Training karyawan, FOKUS perbesar Omzet dan Profit.

Sumber: Ednovate/Kelas Pengusaha dan diolah dari berbagai sumber

Labels: