Ingin Menciptakan Kebahagiaan Setiap Hari? Praktekan 10 Tips Hidup Bahagia Berikut Ini

Memilih hidup bahagia adalah sebuah pilihan yang sudah kita buat beberapa waktu yang lalu. Bahkah dalam hidup kita sering membuat keputusan tanpa kita sadari, termasuk Anda memutuskan untuk membaca tulisan ini juga merupakan keputusan. Kali ini, saya mencoba berbagi 10 tips hidup bahagia setiap hari, mudah-mudahan berguna untuk Anda.

Keadaan kita yang sekarang juga merupakan keputusan telah kita buat, itu artinya jika Anda bahagia berarti keputusan Anda untuk merasa bahagia. Sebelumnya saya akan bercerita sedikit.


Baca juga: Cara Menghilangkan Pikiran Negatif yang Menghalangi Kebahagiaan.

Percakapan Saya Bersama Seorang Teman tetang Kebahagiaan


Suatu ketika saya sedang bercakap-cakap dengan teman lama sewaktu SMA. Kami berbincang melalui obrolan pesan singkat yang sekarang ini sedang populer yaitu BBM (BlackBerry Messenger), ya kami memang sudah lama tidak bertemu sejak kelulusan SMA dulu. 

Kami saling bertanya kabar dan aktivitas yang masing-masing kami lakukan hingga saat ini, tidak lupa juga kami saling bertanya kabar tentang keluarga. Menariknya teman saya yang satu ini belum berkeluarga, mungkin sedang asik sendiri kali ya.


Saya tahu sekarang dia sering keluar masuk Negeri tetangga yaitu Kucing dan Timor Leste, katanya sih usaha dibidang Perkayuan atau semacam itulah karena saya tidak pernah bertemu dan mengobrol langsung.

Disela-sela pembicaraan dia selelu memberikan pujian kepada saya, dia mengatakan bahwa saya terlihat sangat bahagia bersama keluarga sedangkan dirinya sampai sekarang masih sendiri. 

Saya jadi merasa tersanjung karena seumur-umur, saya jarang sekali menyukai pujian. Lalu saya mengatakan kepadanya seperti ini: “Kebahagian Harus Anda Ciptakan”. Dia tentu paham maksud perkataan saya tadi. 


Tips hidup bahagia setiap hari

Apa yang Membuat Saya Selalu Merasa Bahagia Setiap Hari?

Sejujurnya saya memang selalu merasa dan tetap bersyukur atas apapun yang terjadi dalam hidup saya, karena dengan begitu saya mendapatkan kembali energi positif. Alhasil ketika menjalani hidup ini, tanpa harus khawatir karena ketidakpastian kapan datangnya kebahagiaan itu. 

Cobalah untuk selalu menciptakan kebahagiaan dari setiap kejadian yang kita hadapi, karena dengan begitu kita akan terbebas dari kegelisahan.

Kita tinggalkan sejenak obrolan pembuka tadi yaitu cerita obrolan bersama teman lama tentang kebahagiaan dan mulai melanjutkan kembali membaca dan menyimak makna dari postingan ini.

Sejatinya berbahagia atau mengejar kebahagiaan adalah motivasi dasar semua manusia. Motivasi dasar ini berada dibalik pencarian dan perburuan kita akan lebih banyak kekayaan, cinta, kekuasaan, ketenaran, serta keamanan. Tapi sering kali, pencarian itu sendiri salah arah atau merusak diri karena minimnya kejelasan akan tujuan akhir kita.

Seorang motivator terkenal di dunia yang juga seorang guru metafisika dan penulis yang bernama Vikas Malkani menulis dalam sebuah bukunya yang berjudul HAPPINESS, Kita harus terus berusaha untuk mempertahankan citra diri yang positif dan sehat. 

Jadi intinya kebahagiaan itu adalah sebuah keputusan. Kita tetap bisa merasa bahagia setiap hari bahkan dalam kondisi apapun, untuk itu putuskan saat ini bahwa Anda merasa bahagia maka Anda akan sangat berbahagia. 

Berikut ini adalah 10 Tips Hidup Bahagia setiap hari, yang bisa Anda coba dan praktekan untuk menciptakan kebahagiaan, simak selengkapnya. 


  1. Terimalah pujian, selalu katakan Terima kasih atau sejenisnya ketika Anda sedang menerima pujian dari seseorang ataupun dari atasan Anda atas upaya Anda dalam bekerja. Untuk beberapa situasi tertentu pujilah diri Anda sendiri ketika Anda melakukan hal baik, tepuklah punggung Anda lalu akui kebaikan Anda.
  2. Berikan pujian, salah satu cara paling mudah untuk merasa nyaman adalah dengan mengenali kecantikan orang lain, kebaikan orang lain atau apapun yang patut untuk dikagumi dan berikanlah pujian untuk semua yang bisa kita lihat.
  3. Selalu katakan hal baik mengenai diri Anda, jika Anda tidak punya hal baik untuk dikatakan mengenai diri Anda, diamlah.
  4. Rawatlah tubuh Anda baik-baik, inilah salah satu harta yang Anda miliki. Segala sesuatu yang kita lakukan mempengaruhi bagian tubuh yang lain. Rajin-rajinlah berolah raga dan rawatlah tubuh Anda dengan baik maka Anda akan memperoleh manfaatnya dalam hidup Anda.
  5. Biarkan orang tahu bagaimana Anda mengharapkan mereka memperlakukan diri Anda, berikanlah contoh dengan bagaimana Anda memperlakukan diri sendiri dan orang lain. Tidak ada seorang pun yang boleh mendapat pelecehan dari orang lain!
  6. Bergaulah dengan orang-orang baik, gunakan kata-kata yang baik dalam keseharian kita karena dengan begitu akan menjauhkan kita dari pengaruh negatif yang dapat pula mempengaruhi tindakan kita.
  7. Bekerjalah dengan dengan senang hati dan lakukan sepenuh hati tanpa ada keterpaksaan. Jika Anda bekerja dengan sepenuh hati tindakan Anda pun akan tercermin dalam setiap perkataan dan keputusan yang akan Anda buat.
  8. Selalu bayangkan cita-cita Anda dalam pikiran bukan bagaimana Anda sekarang, niscaya Anda mulai condong kepada pikiran-pikiran yang dominan. Jangan lihat sebelah mata apa yang telah Anda capai sampai saat ini. Meskipun semua itu jauh dari harapan dan cita-cita Anda yakinlah bahwa semua yang telah Anda capai adalah rencana tebaik dari Tuhan dalam hidup kita dan nikmatilah!!!
  9. Pisahkan tindakan Anda dari diri Anda sendiri. Sadari tindakan Anda tidak ada hubungannya dengan nilai diri Anda. Jika Anda melakukan hal bodoh, seperti menyenggol pengendara lain yang menggunakan sepeda motor, itu tidak lantas menjadi orang jahat. Anda hanya membuat suatu kesalahan, jadi cintai si pembuat dosa, bencilah dosanya. Lakukan hal ini untuk menghindari bahwa diri Anda paling bersalah pada kejadian yang salah dan segera perbaiki kesalahan yang Anda lakukan.
  10. Bacalah buku-buku serta arikel yang memberi Anda berbagai gagasan dan inspirasi seperti artikel ini.....#Terima Pujian. Buku merupakan sumber segala ilmu, buku akan menjembatani Anda dengan berbagai pengetahuan. Dari buku-buku yang menarik Anda akan memperoleh inspirasi serta gagasan yang dapat menggiring Anda untuk menciptakan kebahagiaan bukan malah menunggu kapan datangnya kebahagiaan.
Demikian postingan kali ini tentang 10 Tips Hidup Bahagia setiap hari, semoga kutipan dalam buku ini dapat menjadi motivasi  Anda dalam memperoleh kebahagiaan dalam hidup.

Jika Anda mempunya pertanyaan, saran serta komentar silahkan menuliskannya pada kolom yang telah tersedia dibawah postingan ini, terima kasih atas kunjungan Anda.

Selamat Mencoba Menciptakan Kebahagiaan!!!!

Labels: